Rabu 09 Nov 2011 19:07 WIB

Malaysia Hempaskan Thailand 2-1

Pemain Timnas U23 Malaysia, Ibrahim Syahrul (kiri), menendang bola ke arah gawang Thailand pada babak kualifikasi SEA Games XXVI, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (9/11).
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Pemain Timnas U23 Malaysia, Ibrahim Syahrul (kiri), menendang bola ke arah gawang Thailand pada babak kualifikasi SEA Games XXVI, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Timnas Malaysia mengalahkan Thailand 2-1 pada babak penyisihan Grup A SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (9/11). Gol juara bertahan SEA Games itu dicetak oleh Bakhtiar Baddrol pada menit 24 dan Ramlan Izzaq Faris menit 85. Sedangkan gol Thailand diciptakan oleh Natarid Thammroddodpon pada menit 77.

Dengan hasil ini Malaysia memuncaki klasemen sementara Grup A dengan empat poin. Posisi ini bisa berubah jika Singapura pada pertandingan kedua mampu mengalahkan Kamboja dengan lebih dari dua gol.

Pada awal babak pertama kedua tim bermain dalam tempo sedang dan terlihat berhati-hati dalam membangun serangan. Malaysia yang dipertandingan pertama melawan Singapura berakhir seri berusaha memberikan tekanan terlebih dahulu.

Thailand juga tidak tinggal diam. Meski belum sepenuhnya mengancam gawang Malaysia, beberapa serangan mampu merepotkan barisan pertahan Malaysia yang dimotori oleh Jasuli Mahali.

Jual beli serangan terus terjadi. Namun Malaysia yang lebih beruntung. Pada menit 24 Bakhtiar Baddrol mampu menjebol gawang Thailand setelah tendangan kerasnya tidak mampu ditangkap oleh Ukrit Wongmeena sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Malaysia yang telah unggul 1-0 terus menekan pertahanan Thailand. Beberapa kali peluang tercipta yang salah satunnya adalah sundulan Fazail Mohd Irfan. Hanya saja sundulan itu masih tipis di atas mistar gawang. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0.

Pada awal babak kedua Thailand berinisiatif menekan pertahanan Malaysia. Melalui Adisak Krisorn dan Ronnachai Rangsiyo beberapa peluang menyamakan kedudukan. Hanya saja upaya itu selalu gagal di tangan Khairul Fahmi.

Terus menekan membuat pertahanan Thailand sedikit longgar. Kondisi itu dimanfaatkan oleh Malaysia, hanya saja tendangannya masih membentur mistar gawang. Upaya itu terus dilakukan, bahkan tendangan keras pemain Malaysia mampu menjebol gawang Thailand. Hanya saja gol itu dianulir oleh wasit.

Thailand yang tidak ingin kalah berusaha memberikan perlawanan sengit. Serangan dibangun melalui sisi sayap dan tengah. Akhirnya pada menit 77 pemain pengganti Natarid Thammroddodpon mampu menjebol gawang Malaysia sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Kedudukan imbang membuat Malaysia meningkatkan tempo permainan. Lewat pemain pengganti Ramlan Izzaq Faris, Malaysia mampu memperdayai penjaga gawang Thailand, Ukrit Wongmeema pada menit 85 sehingga merubah kedudukan menjadi 2-1.

Upaya mengejar ketertinggalan terus diupayakan Thailand, hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit asal Jepang, Tojo Minoru kedudukan tetap 2-1 untuk kemenangan Malaysia.

Susunan pemain:

Malaysia : Che Mat Khairul Fahmi (kiper), Jasuli Mahali (KK), Mohs Shas Mohamad Fadhli (KK), Omar Mohd Asraruddin, Fazail Mohd Irfan/Saarani Ahmad Fakri, Bakhtiar Baddrol, Othman Mohammad Fandi, Ibrahim Syahrul Azwari, Wan Zakaria Wan Zaharul/Ramlan Izzaq Faris, Mansor Muhd Nazmi Faiz/Kandasamy Gurusamy dan Ahmad Mohamad Muslim.

Thailand : Ukrit Wongmeema (kiper), Weerawut Kayem, Adisak Krisorn, Chalermsak Kaewsooktae (KK)/Isarapong Lilakorn, Sarach Yooyen, Ronnachai Rangsiyo (kpt), Kroekrit Thawikan, Phonlawut Donchui/Natarid Thammaroddodpon, Sutjarit Jantakol, Pokklaw A-Nan/Naruphol Ar -Romsawa dan Komkrit Cumsoksheak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement