Senin 21 Nov 2011 12:28 WIB

Wawancara Ong Kim Swee: Kecepatan Pemain Indonesia di Atas Rata-Rata

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Didi Purwadi
Ong Kim Swee
Foto: www.malayatigers.com
Ong Kim Swee

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Tensi panas semakin terasa jelang laga Indonesia lawan Malaysia di partai final cabang sepakbola SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/11) malam nanti. Ong Kim Swee, pelatih timnas U23 Malaysia, yakin pemainnya mampu mengatasi tekanan ribuan suporter Indonesia.

Inilah wawancara dengan Ong Kim Swee jelang laga panas tersebut.

Bagaimana anda melihat langkah Malaysia hingga ke final?

Sejauh ini pasukan kami menunjukkan karakter bermain yang sangat baik. Para pemain memiliki semangat tinggi untuk memenangkan pertandingan.

Dari segi teknik, mereka mampu menjaga ritme permainan di setiap pertandingan. Jika melihat perjalanan kami hingga ke final, itu memang tidak mudah. Tim ini harus bertarung keras di setiap partai. Tapi, saya sangat senang pada akhirnya tim ini mampu meraih partai final.

Indonesia akan menjadi lawan di final?

Saya sejak awal memprediksi bahwa kami akan kembali bertemu lagi dengan Indonesia di babak final. Ini akan menjadi final ideal bagi kedua tim.

Saya mengakui bahwa tim Indonesia memiliki kualitas teknik yang sangat baik. Indonesia memiliki sejumlah pemain dengan tingkat kecepatan di atas rata-rata. Kami jelas akan mewaspadainya. Yang jelas final nanti kami tidak akan hanya menghadapi 11 pemain Indonesia, namun juga penonton yang akan memadati Stadion.

Teror penonton apakah akan mempengaruhi tim anda di final?

Saya kira kita sudah menghadapinya di laga terakhir putaran grup. Tekanan yang diberi penonton memang cukup berat. Tapi, saya bangga para pemain mampu melewatinya.

Saya harap hal ini kembali mampu mereka tunjukkan. Layaknya final Piala AFF di mana tim Malaysia juga memastikan gelar juara saat bermain di hadapan penonton fanatik Indonesia.

Apakah akan kembali menggunakan barracuda untuk masuk ke stadion?

Saya kira itu semua demi pertimbangan keselamatan. Harus diakui bahwa tensi pertandingan memang cukup tinggi. Untuk menghindari gangguan baik mental dan fisik, jalan untuk menggunakan  mobil barracuda diambil. Semua demi security.

Keunggulan 1-0 di laga putaran grup lawan Indonesia apakah akan mempengaruhi hasil di final?

Saya kira nanti suasananya akan jauh berbeda. Karena, di final Indonesia akan menampilkan kekuatan terbaiknya. Saya tahu, di putaran grup Indonesia hanya menampilkan pemain cadangan.

Saya kira dengan bermain menggunakan kekuatan penuh, pertandingan akan lebih sulit bagi kami. Dan, hasilnya mungkin saja tidak sama. Tapi saya tegaskan, siapapun lawan yang diturunkan, tim kami sudah siap. Kami yakin mampu mengimbangi permainan Indonesia untuk memenangkan emas SEA Games.  

Pemain Indonesia yang akan diwaspadai?

Saya kira Indonesia memiliki kualitas teknik yang sangat merata. Jadi, itu akan sulit mengawasi jika hanya terpaku pada satu pemain. Kami akan tetap waspada dan akan menekan balik Indonesia. Semoga kemenangan berpihak kepada kami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement