Kamis 10 Nov 2011 08:26 WIB

SEA Games Datang, Pengamen Menghilang

Pengamen jalanan, ilustrasi
Foto: Republika
Pengamen jalanan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Kota Palembang ditargetkan bersih dari pengamen jalanan selama SEA Games XXVI, 11-22 November 2011. Ini menyusul kebijakan pemerintah kota memfasilitasi tempat khusus bagi mereka untuk bermain musik.

Kepala Bidang Daya Tarik Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang Ahmad Zazuli, di Palembang, Kamis, mengatakan, puluhan pengamen yang biasanya bermusik di perempatan jalan dan kendaraan umum telah diminta tidak mengamen di jalanan selama SEA Games berlangsung.

Sebagai solusi agar pengamen tetap bermusik dan mendapatkan penghasilan, akan dilakukan lomba pemusik jalanan yang masuk dalam rangkaian Festival Musi, kata dia. Menurut Zazuli, festival musik pengamen jalanan tersebut diselenggarakan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Setiap pengamen bisa menjadi peserta festival, baik kelompok maupun perorangan, ujar dia. Ia mengemukakan, dengan keikutsertaan para pengamen dalam festival itu, pihaknya optimistis pemusik jalanan di Palembang akan menjadi lebih terarah.

Apalagi, meskipun mereka hanya mengamen, tetapi kemampuan bermusik dinilai tidak kalah dengan pemusik profesional lain, kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement