Kamis 10 Nov 2011 14:46 WIB

Pemandu SEA Games Dilarang Temani Atlet Cari Hiburan Malam

Pemandu SEA Games 2011. (ilustrasi)
Foto: www.seag2011.com
Pemandu SEA Games 2011. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Para pemandu atau liaison officer SEA Games XXVI diberikan batasan dalam bertugas melayani atlet dan ofisial. Pembatasan tersebut agar tidak bertentangan dengan norma yang berlaku di Indonesia

"Para pemandu itu hanya melayani atlet dan ofisial berdasarkan jadwal resmi yang ditetapkan, yakni selama bertanding dan hingga selesai semua kegiatan. Di luar kegiatan itu, sama sekali tidak diperbolehkan," ujar Koordinator LO SEA Games 2011, Suparman Roman, di Palembang, Kamis.

Suparman menerangkan bahwa kegiatan yang dilarang seperti menemani para atlet atau ofisial yang ingin mencari hiburan pada malam hari.

"Tugas pemandu itu dimulai dari pagi hari, yakni saat atlet memulai latihan sekitar pukul 05.00 WIB, hingga atlet masuk kamar untuk beristirahat malam pukul 24.00 WIB,'' katanya ''Di luar itu, kami melarang keras atlet untuk didampingi.''

Para pemandu, yang jumlahnya 60 persen merupakan wanita, akan tidak pantas untuk melakukan kegiatan menemani para atlet atau ofisial keluar malam. Jika pun mendesak sekali, maka pihaknya mengharuskan para pemandu itu dikawal atau ditemani oleh sopir yang juga bertugas untuk SEA Games. Jadi, mereka hanya menunggu di tempat parkir saja dan tidak ikut masuk ke tempat hiburan.

Dia pun optimistis, para pemandu yang merupakan hasil seleksi ketat dan pelatihan selama 7 bulan itu, dapat menerapkan aturan ditetapkan karena seluruhnya merupakan mahasiswa, para sarjana (S1) dan S-2.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement